{أَفَلَمْ  يَهْدِ لَهُمْ كَمْ أَهْلَكْنَا قَبْلَهُمْ مِنَ الْقُرُونِ يَمْشُونَ فِي  مَسَاكِنِهِمْ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لأولِي النُّهَى (128) وَلَوْلا كَلِمَةٌ  سَبَقَتْ مِنْ رَبِّكَ لَكَانَ لِزَامًا وَأَجَلٌ مُسَمًّى (129) فَاصْبِرْ عَلَى  مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ  غُرُوبِهَا وَمِنْ آنَاءِ اللَّيْلِ فَسَبِّحْ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ لَعَلَّكَ  تَرْضَى (130) }
Maka tidakkah menjadi petunjuk bagi mereka  (kaum musyrik) berapa banyaknya Kami  membinasakan umat-umat sebelum mereka, padahal mereka berjalan (di  bekas-bekas) tempat tinggal umat-umat itu. Sesungguhnya pada yang demikian  itu terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal. Dan sekiranya tidak ada suatu  ketetapan dari Allah yang telah terdahulu atau tidak ada ajal yang telah  ditentukan, pasti (azab itu) menimpa mereka. Maka sabarlah kamu atas apa  yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum terbit  matahari dan sebelum terbenamnya; dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di  malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa  senang.
Firman  Allah Swt.:
{أَفَلَمْ  يَهْدِ}
Maka tidakkah menjadi petunjuk (Thaha: 128)
bagi mereka yang mendustakan apa yang disampaikan olehmu, hai Muhammad, bahwa  sudah berapa banyak Kami binasakan umat-umat yang mendustakan rasul-rasul  sebelum mereka. Umat-umat terdahulu itu dibinasakan dan tidak ada lagi  bekas-bekasnya, seperti yang kalian saksikan sendiri di tempat-tempat bekas  mereka yang sekarang kalian lewati dalam keadaan kosong.
{إِنَّ  فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لأولِي النُّهَى}
Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi orang yang  berakal. (Thaha: 128)
Ulin nuha artinya orang yang berakal sehat dan berhati lurus, seperti  yang disebutkan oleh Allah Swt. dalam ayat yang lain melalui firman-Nya:
{أَفَلَمْ  يَسِيرُوا فِي الأرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آذَانٌ  يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الأبْصَارُ وَلَكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ  الَّتِي فِي الصُّدُورِ}
maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati  yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu  mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi  yang buta ialah hati yang di dalam dada. (Al-Hajj: 46)
Di dalam surat As-Sajdah disebutkan oleh firman-Nya:
{أَوَلَمْ  يَهْدِ لَهُمْ كَمْ أَهْلَكْنَا مِنْ قَبْلِهِمْ مِنَ الْقُرُونِ يَمْشُونَ فِي  مَسَاكِنِهِمْ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ أَفَلا يَسْمَعُونَ}
Dan apakah tidak menjadi petunjuk bagi mereka, berapa banyak umat-umat  sebelum mereka yang telah Kami binasakan, sedangkan mereka sendiri berjalan di  tempat-tempat (bekas) kediaman mereka itu. (As-Sajdah: 26), hingga  akhir ayat.
Adapun firman Allah Swt.:
{وَلَوْلا  كَلِمَةٌ سَبَقَتْ مِنْ رَبِّكَ لَكَانَ لِزَامًا وَأَجَلٌ  مُسَمًّى}
Dan sekiranya tidak ada suatu ketetapan dari Allah yang telah terdahulu  atau tidak ada ajal yang telah ditentukan pasti (azab) menimpa mereka.  (Thaha: 129)
Yaitu seandainya tidak ada ketetapan Allah yang terdahulu, bahwa Dia tidak  akan mengazab seseorang melainkan sesudah tegaknya hujah Allah atas dirinya dan  berdasarkan ketetapan masa yang telah ditentukan oleh Allah Swt. terhadap  orang-orang yang mendustakan-Nya itu, tentulah mereka akan ditimpa oleh azab  Allah secara tiba-tiba. Karena itulah Allah Swt. berfirman kepada Nabi-Nya  seraya menghiburnya:
{فَاصْبِرْ  عَلَى مَا يَقُولُونَ}
Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan. (Thaha: 130) Yakni  pendustaan mereka terhadap dirimu.
وَسَبِّحْ  بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ
dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari.  (Thaha: 130) 
Maksudnya, salat fajar (salat subuh).
{وَقَبْلَ  غُرُوبِهَا}
dan sebelum terbenamnya. (Thaha: 130)
Yaitu salat Asar, seperti yang disebutkan di dalam kitab Sahihain  melalui Jarir ibnu Abdullah Al-Bajali r.a. yang menceritakan, "Ketika kami  (para sahabat) sedang duduk di depan Rasulullah Saw., maka beliau Saw. memandang  ke bulan yang sedang purnama, lalu bersabda:
"  إِنَّكُمْ سَتَرَوْنَ رَبَّكُمْ كَمَا تَرَوْنَ هَذَا الْقَمَرَ، لَا تُضَامُّون  فِي رُؤْيَتِهِ، فَإِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَلَّا تُغْلَبُوا عَلَى صَلَاةٍ قَبْلَ  طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا، فَافْعَلُوا" ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ  الْآيَةَ
'Sesungguhnya kalian akan melihat Tuhan kalian sebagaimana kalian melihat  bulan ini, kalian tidak berdesak-desakan dalam melihatnya. Maka jika kalian  mampu agar kalian tidak dikalahkan dengan mengerjakan salat sebelum matahari  terbit dan sebelum terbenamnya, maka kerjakanlah.' Kemudian Rasulullah Saw.  membaca ayat ini." 
قَالَ  الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ  بْنِ عُمَيْرٍ، عَنْ عُمَارَةَ بْنِ رُوَيْبة قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ  صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يقول: " لَنْ يَلجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ  طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Sufyan ibnu Uyaynah,  dari Abdul Malik ibnu Umair, dari Imarah ibnu Ru-aibah yang mengatakan bahwa ia  pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda: Tidak akan masuk neraka seseorang  yang melakukan salat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya.
Imam Muslim meriwayatkan hadis ini melalui Abdul Malik ibnu Umair dengan  sanad yang sama. 
Di dalam kitab musnad dan kitab sunan disebutkan melalui Ibnu Umar, bahwa  Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"  إِنَّ أَدْنَى أَهْلِ الْجَنَّةِ مَنْزِلَةً مَنْ يَنْظُرُ فِي مُلْكِهِ مَسِيرَةَ  أَلْفِ سَنَةٍ، يَنْظُرُ إِلَى أَقْصَاهُ كَمَا يَنْظُرُ إِلَى أَدْنَاهُ، وَإِنَّ  أَعْلَاهُمْ مَنْزِلَةً لَمَنْ يَنْظُرُ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ فِي الْيَوْمِ  مرتين "
Sesungguhnya kedudukan ahli surga yang paling rendah ialah bagaikan  seseorang yang melihat-lihat wilayah kerajaannya selama perjalanan dua ribu  tahun, ia melihat-lihat batas yang paling jauhnya selama itu sebagaimana ia pun  melihat-lihat batas yang paling dekatnya selama itu pula. Dan sesungguhnya  kedudukan ahli surga yang paling tinggi ialah orang-orang yang dapat melihat  Allah sebanyak dua kali dalam seharinya.
*******************
Firman Allah Swt.:
{وَمِنْ  آنَاءِ اللَّيْلِ فَسَبِّحْ}
dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari. (Thaha: 130)
Artinya, kerjakanlah salat tahajud di waktu-waktu malam hari. Akan tetapi,  sebagian ulama menakwilkannya sebagai salat Magrib dan salat Isya.
{وَأَطْرَافَ  النَّهَارِ}
dan pada waktu-waktu di siang hari. (Thaha: 130) 
untuk mengimbangi waktu-waktu di malam hari tadi
{لَعَلَّكَ  تَرْضَى}
supaya kamu merasa senang. (Thaha: 130)
Semakna dengan apa yang disebutkan di dalam ayat lain melalui firman-Nya:
{وَلَسَوْفَ  يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَى}
Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, lalu (hati) kamu  menjadi puas (senang). (Adh-Dhuha: 5)
Di dalam hadis sahih disebutkan seperti berikut:
"  يَقُولُ اللَّهُ: يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ، فَيَقُولُونَ: لَبَّيْكَ رَبَّنَا  وَسَعْدَيْكَ. فَيَقُولُ: هَلْ رَضِيتُمْ؟ فَيَقُولُونَ: وَمَا لَنَا لَا نَرْضَى،  وَقَدْ أَعْطَيْتَنَا مَا لَمْ تُعْطِ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ؟ فَيَقُولُ: إِنِّي  أُعْطِيكُمْ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ. فَيَقُولُونَ: وَأَيُّ شَيْءٍ أَفْضَلُ مِنْ  ذَلِكَ؟ فَيَقُولُ: أُحِلُّ عَلَيْكُمْ رِضْوَانِي، فَلَا أَسْخَطُ عَلَيْكُمْ  بَعْدَهُ أَبَدًا "
Allah Swt. berfirman, "Hai ahli surga!" Mereka menjawab, "Labbaik  wasa'daik, wahai Tuhan kami.” Allah berfirman, "Apakah kalian telah puas?"  mereka menjawab, "Wahai Tuhan kami, bagaimana kami tidak puas, sedangkan Engkau  telah memberikan kepada kami pemberian yang belum pernah Engkau berikan kepada  seseorang pun di antara makhluk-Mu.” Allah berfirman, "Sesungguhnya Aku sekarang  akan memberi kalian yang lebih utama daripada semuanya itu.” Mereka bertanya,  "Apakah ada sesuatu yang lebih utama daripada semuanya ini?” Allah Swt.  berfirman, "Aku halalkan rida-Ku bagi kalian, maka Aku tidak akan murka lagi  kepada kalian untuk selama-lamanya.”
Di dalam hadis yang lain disebutkan pula hal berikut:
"  يَا أَهْلَ الْجَنَّةِ، إِنَّ لَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ مَوْعِدًا يُرِيدُ أَنْ  يُنْجزكُمُوه. فَيَقُولُونَ: وَمَا هُوَ؟ أَلَمْ يُبَيِّضْ وُجُوهَنَا وَيُثَقِّلْ  مَوَازِينَنَا وَيُزَحْزِحْنَا عَنِ النَّارِ، وَيُدْخِلْنَا الْجَنَّةَ؟  فَيَكْشِفُ الْحِجَابَ فَيَنْظُرُونَ إِلَيْهِ فَوَاللَّهِ مَا أَعْطَاهُمْ خَيْرًا  مِنَ النَّظَرِ إِلَيْهِ، وَهِيَ الزِّيَادَةُ "
"Hai ahli surga, sesungguhnya bagi kalian di sisi Allah ada suatu janji  yang ingin Dia tunaikan kepada kalian.” Mereka bertanya, "Pemberian apa lagi?  Bukankah Allah telah membuat wajah kami putih, memberatkan timbangan amal  (baik) kami, mengeluarkan kami dari neraka dan memasukkan kami ke dalam  surga?” Maka dibukalah hijab Allah, lalu mereka dapat melihat-Nya. Demi Allah,  Allah tidak memberikan kepada mereka sesuatu yang lebih baik daripada'memandang  kepada Zat-Nya, yaitu sebagai karunia tambahan (buat mereka). 
Comments
Post a Comment